2 Pekan Dirawat, Seorang Pasien Positif Corona di Samarinda Sembuh

2 Pekan Dirawat, Seorang Pasien Positif Corona di Samarinda Sembuh


Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)

Samarinda - Kabar baik terkait kasus virus Corona datang dari Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Seorang pasien positif Corona dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.
"Meski demikian yang patut kita apresiasi adalah sembuhnya satu pasien positif yakni SMD 2, wanita 31 tahun yang hari ini berdasarkan hasil laboratorium dinyatakan 2 kali berturut-turut dengan hasil negatif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak, Jumat (17/4/2020).

Pasien sembuh ini dirawat sejak 31 Maret di RSUD AW Syahranie. Dokter menyatakan kondisi kesehatan pasien baik.

"Pasien sudah dalam keadaan baik, tidak ada gejala dan hasil serial foto toraks menunjukkan tidak didapatkan gambaran pneumonia," ujar Andi.

Sementara itu, ada penambahan hasil negatif berasal dari Balikpapan sebanyak 12 kasus. 12 kasus ini merupakan kontak erat BPN 17 yang telah dirawat di RS Bhayangkara Balikpapan sejak 1 April 2020.

Namun yang masih peningkatan adalah jumlah PDP sebanyak 30 kasus.

Peningkatan jumlah kasus terbanyak terjadi di Balikpapan yakni 29 kasus. Di antaranya adalah 15 kasus memiliki kontak dengan pasien BPN 17 yang pernah lakukan perjalanan ke Sukabumi, seluruhnya masih melakukan isolasi secara mandiri.

Sementara itu 14 kasus lainya pernah melakukan perjalanan dari luar Kaltim dengan dugaan transmisi lokal. Sebab penentuan PDP berdasarkan pemeriksaan dari RS rujukan, yakni RSUD Beriman Balikpapan, Rumah Sakit Pertamina, Rumah Sakit Tentara dan Rumah Sakit Kanujoso.

Seorang pasien lainya merupakan pria berumur 39 tahun yang sempat melakukan perjalanan dari Gowa dengan keluhan flu dengan hasil pemeriksaan rapid test reaktif. Pasien ini RSUD Panglima Sebaya Paser.

Sedangkan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kaltim saat ini terdapat 5987 ODP, 4726 telah menyelesaikan pemantauan dan 1261 masih dalam proses. PDP ada 329, 164 pasien dinyatakan negatif, 44 pasien positif, 8 pasien dinyatakan sembuh, 1 orang meninggal dunia.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "2 Pekan Dirawat, Seorang Pasien Positif Corona di Samarinda Sembuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel