Usulan Pemda Setop KRL Ditolak Kemenhub, Ini Kata Timwas COVID-19 DPR

Usulan Pemda Setop KRL Ditolak Kemenhub, Ini Kata Timwas COVID-19 DPR


Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong
Ali Taher, Foto: Ari Saputra

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menolak usulan penyetopan KRL selama PSBB berlangsung di Jabodetabek. Tim Pengawas (Timwas) Timwas COVID-19 DPR berpandangan jangan ada benturan antara pemerintah pusat dengan daerah.
"Sebaiknya begini, sebaiknya jangan ada benturan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Sebaiknya dibicarakan bersama-sama, jangan merasa ada yang memaksakan diri, jangan begitu solusinya," kata anggota Timwas COVID-19 DPR, Ali Taher kepada wartawan, Jumat (17/4/2020) malam.

Taher mengatakan lebih baik pemerintah pusat dan daerah duduk bersama untuk menghentikan penyebaran virus Corona. Agar permasalahan Corona cepat selesai.


"Solusinya adalah duduk bareng, kemudian bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi persoalan ini, masyarakat jangan sampai banyak yang tersebar, yang ada sekarang ditangani sebaik-baiknya, supaya cepat keluar dari persoalan ini, ini sebenernya," ujarnya.

Taher mengungkapkan kelemahan pihak-pihak yang berwenang menghentikan penyebaran virus Corona. Salah satunya adalah ego sektoral.

"Jadi kelemahan kita sekarang ini kan saling mengklaim, saling meniadakan peran orang-orang, itukan nggak boleh juga. Sebaiknya pemerintah pusat maupun pemerintah daerah itu menghilangkan ego sektoral, memunculkan kebersamaan, memunculkan solusi terhadap persoalan-persoalan kebangsaan," ucapnya.

Seperti diketahui, ada empat pemerintah daerah yang mengusulkan penyetopan KRL selama PSBB. Yakni, DKI Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Sebelumnya, Kemenhub memutuskan tidak memberhentikan sementara kegiatan operasional KRL Jabodetabek saat PSBB. Kemenhub hanya membatasi jumlah penumpang di KRL.

"Adapun untuk KRL di Jabodetabek, yang telah ditetapkan PSBB, pengendalian yang dilakukan adalah dengan pembatasan, bukan menutup atau melarang sama sekali, khususnya untuk melayani kegiatan dan pekerjaan yang dikecualikan selama PSBB," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dalam keterangannya, Jumat (17/4).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Usulan Pemda Setop KRL Ditolak Kemenhub, Ini Kata Timwas COVID-19 DPR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel